3 Tempat Wisata Penting di Sumbar – Salah satu provinsi di Indonesia yang mempunyai potensi besar dalam dunia pariwisata adalah Sumatera Barat. Hal tersebut dikarenakan bahwa Sumatera Barat memiliki topografi alam unik yang bergunung, berpantai, dan bentangan gugusan pulau yang indah. Bahkan salah satu sumber informasi menyebutkan bahwa tempat surfing terbaik di dunia berada di pantai Kepulauan Mentawai, Sumbar. Dengan adanya keistimewaan tersebut, keberadaan tempat wisata di Sumber sangatlah penting untuk dunia internasional. Berikut adalah 3 Tempat Wisata Penting di Sumbar yang merupakan tonggak utama pariwisata Indonesia:

3 Tempat Wisata Penting di Sumbar bagi Dunia Internasional danau singkarak

Deskripsi Singkat Mengenai 3 Tempat Wisata Penting di Sumbar

1. Kepulauan Mentawai

Kepulauan Mentawai yang terletak di lepas pantai Sumatera ini memiliki keunikan tersendiri baik dari segi alam dan budaya primitifnya. Gugusan kepulauan ini terdiri dari 4 pulau yakni Pulau Siberut, Pulau Sipora, Pulau Pagai Utara, dan Pagai Selatan. Ombak di Kepulauan Mentawai dinilai sangat cocok bagi para peselancar. Bahkan, ombak tersebut mendapat predikat sebagai salah satu dari 50 tempat terbaik untuk berselancar di seluruh dunia. Desa Bosua adalah spot terbaik untuk surfing. Para peselancar bisa merasakan adrenalin dari keunikan ombak yang ada di sana dari ombak yang sedang sampai ombak yang besar. Tidak mengherankan banyak peselancar dunia yang berselancar di sana.

2. Lembah Harau

Salah satu dari 3 objek turisme utama yang ada di Sumbar lainnya adalah lembah Harau. Lembah Harau merupakan jajaran tebing granit yang menjulang tinggi dengan ketinggian rata-rata 300 meter yang terletak di Payakumbuh. Di dalamnya terdapat air terjun, gua, tebing, serta hamparan sawah hijau yang menghiasai bagian dasarnya. Kegiatan panjat tebing sangatlah cocok dilakukan di tempat ini.Area Lembah Harau juga dihuni berbagai macam satwa seperti harimau Sumatra, monyet liar berekor panjang, landak, dan berbagai jenis burung. Lembah Harau memiliki 2 objek penting yakni Sarasah Bunta dan Akar Berayun. Atraksi menarik lainnya adalah Lembah Echo yang merupakan tempat untuk menghasilkan gema terbaik di dunia.

3. Danau Singkarak

Danau Singkarak adalah danau terbesar kedua setelah Danau Toba. Danau ini terletak di dua kabupaten yakni kabupaten Solok dan Tanah Datar. Danau ini terbentuk dari proses tektonik akibat pergerakan lempeng bumi. Danau ini memiliki keunikan fauna yang tidak bisa ditemukan di tempat lain. Fauna tersebut adalah ikan bilih, ikan ranuak, dan ikan nilem. Event internasional terkenal yang sering diselenggarakan di sini adalah ”Tour De Singkarak”. Acara tahunan tersebut merupakan kegiatan bersepeda yang sering diikuti oleh pesepeda dari berbagai macam belahan dunia.

Agar 3 tempat wisata penting di Sumbar tersebut bisa lebih mendunia, diperlukan kerjasama antara masyarakat dan pemerintah Indonesia. Semoga ulasan tersebut membuat kita tersadar akan potensi wisata Sumatera Barat yang bisa membanggakan Indonesia.

Sharing is caring!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *