4 Tempat Wisata Penting di Bengkulu – Hal apakah yang Anda ingat ketika mendengar kata “Bengkulu”? Pasti Anda akan mengingat bunga bangkai atau Raflesia Arnoldi atau adat upacara Tabut yang terkenal itu bukan? Kota yang berada di sebelah barat provinsi Lampung ini memang memiliki sejuta keindahan alam dan budaya yang wajib menjadi daftar kunjungan wisata Anda tahun ini.

Berberapa keindahan alam yang terbentang di provinsi ke-26 Indonesia ini adalah pantai-pantainya yang panjang nan indah seperti pantai Panjang dan pantai Pasir Putih atau danau-danaunya yang memiki ciri khas tersendiri seperti danau Dendam Tak Sudah dan danau Musi. Untuk lebih jelas, mari kita bahas keindahan 4 Tempat Wisata Penting di Bengkulu yang begitu tersohor.

4 Tempat Wisata Penting di Bengkulu yang Wajib Anda Singgahi

  1. Pantai Panjang

Salah satu dari 4 objek wisata yang menjadi tonggak utama pariwisata Bengkulu yang sudah disebutkan di atas adalah pantai Panjang. Disebut dengan pantai Panjang dikarenakan pantai ini memiliki garis pantai yang sangat panjang sejauh 7km. Unggulan wisata Bengkulu ini memiliki pasir putih lembut yang ditumbuhi beberapa jenis tumbuhan seperti pohon pinus dan pohon cemara di sepanjang bibir pantainya.

Pantai yang tidak jauh dari pusat kota ini juga memiliki fasilitas umum yang memadai seperti jogging trek, arena olah raga dan bermain, restoran, pusat perbelanjann dan penginapan.

  1. Pulau Tikus

Pulau Tikus merupakan salah satu tujuan utama wisata di Bengkulu karena memiliki keindahan yang luar biasa. Pulau yang berada di samudera Hindia dikelilingi terumbu karang yang membentang luas sebagai penahan abrasi dan dihuni berbagai jenis ikan tropis. Laut di sekitar pulau juga sangat jernih sehingga kegiatan snorkeling sangat tepat untuk dilakukan.

Untuk menuju ke sana, Anda harus menggunakan boat selama 40 menit yang berangkat dari pelabuhan Baii.

  1. Benteng Marlborough

Atraksi penginggalan budaya bangsa Inggris yang bisa dinikmati selanjutnya adalah benteng Marlborough. Benteng yang kokoh ini memilik bentuk yang unik seperti kura-kura.

Bangunan tua ini dibangun oleh East India Company pada masa pemerintahan gubernur Joseph Callet pada tahun 1713 dan selesai pada tahun 1719. Benteng tersebut dibangun sebagai pertahanan kekuasaan Inggris pada kala itu.

  1. Rumah Pengasingan Bung Karno

Destinasi terakhir 4 objek wisata yang menjadi tonggak utama pariwisata Bengkulu adalah peninggalan sejarah rumah pengasingan Bung Karno. Saat ini, bangunan tersebut difungsikan sebagai museum yang berisi berbagai jenis peninggalan bung Karno selama di pengasingan. Di tempat itu pula, bung Karno bertemu dengan ibu Fatmawati.

Demikian ulasan singkat 4 Tempat Wisata Penting di Bengkulu yang patut Anda jadikan sebagai tempat alternatif liburan. Semoga bermanfaat!